Translate

Kamis, 26 Januari 2012

Memahami Daear-dasar Anggaran

MEMAHAMI DASAR-DASAR ANGGARAN


oleh Muhammad Imam Wahyudi
pada 26 Januari 2012
pukul 20:27

1.Filosofi Anggaran Dari Mana Sumber Anggaran ?

Pada hakekatnya Anggaran Negara /Daerah adalah uang rakyat.Sumber utama anggaran Negara/Daerah berasal dari uang rakyat.Uang rakyat yang dijadikan sebagai sumber kehidupan anggaran itu berasal dari pajak,restribusi,BUMN,hibah.pinjaman/utang yang diatas namakan rakyat oleh Pemerintah,dan pendapatan hal yang lain yang sah.

2.Mengapa Anggaran diperlukan Oleh negara/Daerah ?

Ada dua alasan pokok utama penting mengapa anggaran itu diperlukan dalam pengelolaan Negara/Daerah : 1.Untuk menjamin keberadaan Negara/Daerah,dan 2.Untuk membiayai pengelolaan Negara/Daerah yang meliputi antara lain ; penyelenggaraan administrasi,pembangunan,dan pelayanan pada masyarakat. Oleh sebab itu,negara atau daerah msih mutlak membutuhkan anggaran segar dalam menjalankan fungsinya.Tujuan utamanya yang akan hendak dicapai megara/daerah adalah untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat,menjamin akan dipenuhinya hak-hak rakyat,dan membiayai pelayanan kepada masyarakat. Proses dalam penyusunan anggaran negara/daerah perlu dilakukan secara terbuka dan transparan.Keterbukaan itulah yang akan menuju kesejahteraan rakyat dengan adanya : 1.Pengumuman kebijakan anggaran. 2.Ketersediaan dokumen anggaran dan mudah akan diakses oleh masyarakat. 3.Laporan pertanggungjawaban tahunan yang tepat waktu dan sesuai dengan mekanisme pertanggungjawaban (akuntabilitas) kepada masyarakat. 4.Meningkatnya suara/usulan rakyat yang diterima dan diperjuangkan. 5.Adanya sistem pemberian informasi kepada masyarakat yang dimuat dalam peraturan.

Agar anggaran tersebut dapat betul-betul bisa dikelola dengan baik,adanya prinsip-prinsip yang harus dapat diperhatikan dan diterapkan oleh pemerintah sehingga tidak terjadi kesenggangan dan kekosongan akan terciptanya kesejahteraan rakyat.Prinsip-prinsip itu adalah ;

Tertib.

Tertib bermakna dalam pengelolaan keuangan negara harus mengikuti prosedur peraturan yang telah ditetapkan atau hal-hal yang berlaku baku dalam kehidupan.Contoh yang sangat sederhana sekali penerapan prinsip yang tertibadalah penjualan ticket.Agar terjadi keteraturan,penjualan ticket itu harus dilakukan antrean.Begitu pula dalam melakukan pemeriksaan harus ada kode etiknya atau tata cara yang diterima secara lazim.

Taat Pada Peraturan Perundang-undangan.

Prinsip kedua tersebut ini berarti pengelolaan keuangan negara harus mengikuti dan patuh kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku baku secara berjenjang,mulai dari yang tertinggi sampai yang terendah.

Efisien.

Kata efisien dalam pengertian sehari-hari sangat bermakna sekali"ketepatan cara kerja dalam menjalankan sesuatu dengan tidak membuang-buang waktu,tenaga,dan biaaya".Menurut pengertian anggaran,efisien merujuk kepada pelaksanaan anggaran belanja negara yang diysahakan dengan daya yang terbatas untuk mencapai sasaran yang ditetapkan dalam waktu singkat dan dapat dipertanggungjawababkan. To bee Continue

Tidak ada komentar:

Posting Komentar